Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Laut dan Pesisir (Puslitbang SDLP) kembali berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pameran Industri Bahari Expo ke 12 yang diadakan pada tanggal 22-25 Juni 2012 berlokasi di Tunjungan Plaza 3 Kota Surabaya, Jawa Timur. Pameran yang  digelar berkat kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut , telah dijadikan sebagai ajang untuk menampilkan komoditas kelautan dan perikanan yang nanti pada  hasil akhirnya diharapkan dapat membangkitkan minat investasi dan perdagangan terhadap kedua komoditas yang dihasilkan dari berbagai propinsi dan daerah yang ada di Indonesia tersebut.

 

Hadir dalam pembukaan pameran ini, Wagub Jawa Timur yang akrab dipanggil Gus Ipul, Dirjen Pengolahan Produk dan Hasil-hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ir. Saut P Hutagalung MSc; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir. Kardani, MM serta Ibu Nina Sukarwo sebagai ketua Gerakan Gemar ikan Provinsi Jawa Timur.

Stand Pameran Industri Bahari Expo 2012 kali ini diisi oleh peserta dari Pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia, Instansi pemerintah, Kementerian, BUMN dan BUMD, LPND, Persero,Perusahaan-perusahaan pengolahan hasil sumber daya laut, dan penjualan produk perikanan, Obyek wisata bahari,Perguruan tinggi, UMKM produk kerajinan hasil laut (mutiara, kerang, dan lain-lain), serta media massa.

Puslitbang SDLP yang bergabung bersama stand utama Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, menampilkan beberapa hasil unggulan litbang, diantaranya : 1) Maket rumah produksi garam di Pondok Pesantren Sunan Drajad, Paciran Lamongan, kemitraan Balitbang KP, KKP dengan FTIK-UHT Surabaya, 2) Maket unit pemurnian garam, kemitraan FTIK-UHT Surabaya dengan KP3K KKP, 3) Banner proses teknologi pemurnian garam, 4) Banner proses pembuatan garam, 5) Banner panduan pengembangan usaha terpadu garam dan artemia, 6) Buku Jurnal Segara Volume 7 Nomor 1 Agustus 2011, 7) Buku Jurnal Segara Volume 7 Nomor 2 Desember 2011, 8) Buku Panduan Pembuatan Garam Bermutu, 9) Buku Panduan Pengembangan Usaha Terpadu Garam dan Artemia, 10) Buku Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia Buku 3, 11) Buku Eksplorasi Laut Dalam INDEX SATAL 2010 SANGIHE TALAUD, 12) Leaflet profil P3SDLP, 13) Leaflet alat Pemurni garam sederhana, 14) Contoh garam krosok, 15) Video pembuatan garam, 16) Video Penerapan IPTEK Dalam Skema Pemurnian Garam Sederhana.

Buku – buku yang ditampilkan oleh Puslitbang SDLP dibagikan kepada para pengunjung yang membutuhkan seperti para peneliti,petambak, pengusaha, serta para mahasiswa. Berkat tampilan serta ramainya pengunjung di dalam pameran kali  ini, telah menjadikan stand Badan Penelitian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan  kami menjadi runner up dalam lomba desain stand terbaik.(DH)