SUMBERDAYA LAUT DAN PESISIR – TAHUN 2014

Riset Kebijakan Pengembangan Pariwisata Bahari Dengan Pendekatan Blue Economy di Kabupaten Wakatobi

Wawancara untuk memperoleh data persepsi masyarakat

Penggunaan alat multi-parameter untuk mengukur kualitas air laut

Peta desain kerja lapangan

Kondisi Terumbu dan ikan karang di Perairan Kaledupa

 

Kondisi terumbu karang di Pulau Kaledupa dsk

Kondisi kualitas air pesisir Pulau Kaledupa dsk.

Analisis antar variabel perspektif masyarakat

Latar Belakang :

Wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Kabupaten Wakatobi memiliki arti strategis karena merupakan Kawasan TamanNasionalLaut yang memiliki potensi sumberdaya alam dan jasa-jasa lingkungan yang sangat kaya, sehingga menimbulkan daya tarik bagi berbagai pihak untuk memanfaatkan sumberdayanya. Di sisi lain, sumberdaya alam pesisir dan PPK ini sering bersifat multi-guna dimana berbagai kegiatan memiliki hak atas akses dan pemanfaatan sumberdaya di kawasan ini. Selain sebagai kawasan konservasi, wakatobi juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat beraktifitas untuk penangkapan ikan dan juga kawasan ini merupakan ruang untuk melakukan aktivitas pariwisata bahari. Peranan yang besar itumenjadikan wilayah ini sangat rentan dari berbagai masalah, baik itu yang menyangkut masalah dari aspek fisik dan biologi maupun masalah yang menyangkut aspek sosial, ekonomi maupun budaya. Permasalahan ini terutama menyangkut sumberdaya alam sebagai kendala yang merupakan ekosistem penting bagi keberlanjutan hidup baik manusianya sendiri, maupun sumberdaya alam dan lingkungannya secara keseluruhan.Pendekatan konsep ekonomi biru pada pariwisata bahari berpeluang lebih menguntungkan secara lingkungan. Oleh karena itu dilakukan penelitian sebagai bahan rekomendasi pengembangan pariwisata bahari dalam kerangka penerapan ekonomi biru.

Tujuan :

Mengetahui dan memetakan serta memberikan rekomendasi tentang pengembangan pariwisata bahari berbasis ekonomi biru di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara

Metode :

-        Analisis kondisi terumbu karang

-        Analisi Kualitas air dan karakteristik pantai

-        Analisis spasial untuk mengetahui dan memetakan kesesuaian pariwisata bahari

-        Analisis prospektif untuk mengetahui domain utama pariwisata bahari di Pulau Kaledupa dsk.

-        Analisis Strategi pengembangan pariwisata bahari di Pulau Kaledupa dsk.

Hasil : .

Pariwisata bahari di Pulau kaledupa dan sekitarnya sangat berpotensi untuk dikembangkan. Hasil survey dan analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah penelitian memiliki kondisi yang sesuai untuk pariwisata bahari. Potensi pengembangannya  terdiri dari wisata pantai dan wisata laut. Wisata pantai  didukung oleh pasir putih dan kemiringan yang landai dapat dikembangkan diantaranya untuk berjemur, volley pantai dan aktivitas pantai lainnya. Secara umum Adapun wisata laut didukung oleh hamparan karang tepi yang kondisinya masih tergolong baik, dengan keanekaragaman jenis soft coral, hard coral dan melimpahnya jenis-jenis ikan karang dengan kedalaman hingga 20 meter, dapat dikembangkan untuk snorkeling dan diving. Secara kualitas air, sebagian besar lokasi penelitian berkategori baik, kecuali di beberapa lokasi memiliki kekeruhan yang cukup tinggi dikarenakan lokasi budidaya rumput laut dan dangkalnya dasar perairan. Hasil analisis prospektif partisipatif diperoleh 4 (empat) vaiabel utama yang berperan dalam pengembangan pariwisata bahari dengan pendekatan ekonomi biru di Pulau Kaladupa dsk yaitu : Informatif, Koordinasi antar instansi, Sumberdaya alam dan Sumberdaya manusia. Strategi utama dalam pengembangan pariwisata bahari di Pulau Kaledupa dsk adalah mensinergikan kebijakan agar upaya pengembangan dapat berjalan secara efektif, efisien dan berkesinambungan. Tataran kebijakan mencakup pada kebijakan Taman Nasional yang telah memiliki Master Plan Pengembangan Pariwisata Alam, Pemerintah daerah dengan Rencana Induk Pariwisata Daerah, dan Kementerian Pariwisata sebagai organisasi yang mengatur tujuan wisata.

Lokasi Kegiatan

:

Pulau Kaledupa dan sekitarnya, Kabupaten Wakatobi

Peneliti Utama Keg

Peneliti Anggota

:

:

Hadiwijaya L. Salim, M.Si

Dr. Dini Purbani, M.Si

Yulius, M.Si

Muhammad Ramdhan, M.T