Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;


Acara yang berlansung pada 22 Apr 2021 (16:00-17:00 WIB) adalah Humanitarian Networks and Partnerships Weeks 2021 (HNPW 2021) adalah yang ke-7 dan merupakan salah satu acara terbesar atas kerjasama the United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) and by the Swiss Agency for Development and Cooperation (SDC). Acara in secara offline berlangsung di Geneva- Swiss dan online (Webex). BRSDMKP melalui Pusriskel mendapat kehormatan untuk mengisi sesi “Multi-Hazard Early Warning Systems for Anticipatory Action”. Pada sesi ini dihadiri setidaknya 300 peserta international dari berbagai negara dan organisasi dunia (40an organisasi).

Sesi “Multi-Hazard Early Warning Systems for Anticipatory Action” dimodertori oleh Joint Research Centre - JRC- Komisi Eropa yang didampingi oleh WMO (Organisasi Meteorologi Dunia). Urutan pembicara didesain sedemikian rupa dari level dunia (WMO) ke level regional (Eropa) hingga nasional (Indonesia).

Pusriskel diundang dalam acara ini karena implementasi dua tahun IDSL yang dinilai cukup berhasil terutama dari sisi membangun kesiapsiagaan masyarakat dan pelibatan masyarakat dalam partisipasinya dalam memasang, menjaga dan merawat IDSL/PUMMA selama ini dan rencana pengembangan ke depan. Oleh karena itu, topik yang sangat penting ini diberi judul “From Warning to Citizens: Walking the Last Mile in Tsunami Early Warning System (The role of MMAF)”. Hal ini sesuai dengan mandat Perpres 93/2019 di mana KKP dimandati untuk menyampaikan Peringatan dini tsunami atau TEWS kepada masyarakat (peyampaian, diseminasi). Pilot project di Pangandaran juga menjadi salah satu yang didiskusikan dalam acara ini. Presentasi Pusriskel-BRSDMKP-KKP disampaiakan oleh Dr.-Ing. Semeidi Husrin sebagai peneliti senior yang sejak awal  mengawal riset dan pengambangan IDSL/PUMMA di Pusriskel.