Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Laut dan Pesisir (P3SDLP) adalah nomenklatur baru sejak 2010 dari PUSAT RISET WILAYAH LAUT DAN SUMBERDAYA NON-HAYATI (PRWILNON atau lebih dikenal sebagai WILNON).

WILNON telah berkiprah sejak tahun 2002 hingga 2010 dengan fokus riset: DAYA DUKUNG LINGKUNGAN LAUT, WILAYAH DAN KADASTER LAUT, DINAMIKA DAN KEBENCANAAN LAUT, Serta SUMBERDAYA KELAUTAN.

Bidang-bidang riset tersebut, secara umum, yang kemudian mendasari berbagai penelitian yang dilaksanakan oleh P3SDLP saat ini dalam mendukung berbagai kebijakan Badan Litbang Kelautan Perikanan, maupun Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Program Nasional dari BAPPENAS dan Kementerian Lainnya yang senantiasa dinamis mengikuti pergantian kepemimpinan.

P3SDLP saat ini memiliki fokus bidang penelitian: Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Pesisir, Kebijakan Perubahan Iklim, Sumberdaya Air Laut dan Garam, Karbon Biru, Geodinamika dan Sumberdaya Laut Dalam, Daya Dukung Sumberdaya Pesisir, dan Kerentanan Pesisir.