Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Laut dan Pesisir (P3SDLP), Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Badan Litbang KP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), telah lama melakukan penelitian dan pengembangan iptek sederhana untuk pemurnian garam laut. Kegiatan litbang tersebut dilaksanakan sejak tahun 2002 ketika masih memiliki nomenklatur lama yakni Pusat Riset Wilayah Laut dan Sumberdaya Non-Hayati (WILNON), Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP), Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP).
Dokumentasi ini dibuat pada tahun 2010, sebelum pergantian nomenklatur, sebagai tonggak baru untuk penelitian dan pengembangan iptek garam lebih maju lagi.

Litbang garam ini selaras dengan kegiatan penelitian yang dilakukan WILNON/P3SDLP terkait variabilitas dan perubahan iklim-laut di Indonesia.

Sejak 2011, P3SDLP mulai melakukan kegiatan litbang garam dan produk turunannya seperti Bittern, Magnesium, dan lain sebagainya. Kegiatan ini selain mendukung program nasional Minapolitan Garam (2010-2012), juga mendukung program nasional Industrialisasi Kelautan dan Perikanan Komoditi Garam

  • Download Buku Garam Artemia Klik
  • Download Buku Prototip Informasi Iklim Klik