Sistem Informasi Cuaca dan Pasut (SICP) - Online ini adalah hasil kerjasama anatara Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Laut dan Pesisir (P3SDLP) dan Pusat Penelitian Informatika (P2I) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Stasiun cuaca dan pasut hasil kerjasama tersebut dipasang di Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus (untuk Pasut) dan Pelabuhan Muaro Anai (untuk cuaca) Sumatera Barat. Sebagai Mirror Server Data ditempatkan di Loka Penelitian Sumberdaya dan Kerentanan Pesisir (LPSDKP) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari P3SDLP yang beralamat di Kompleks PPS Bungus.

Adapun Parameter yang disediakan dan dapat termonitor secara berkala dengan resolusi temporal minimal dari 15 menit hingga per jam (ONLINE REAL TIME dan NEAR REAL TIME) bisa diakses oleh Publik:

  1. Pasang Surut (Pasut) atau Tinggi Muka Air
  2. Angin
  3. Kelembaban Udara
  4. Suhu Udara

Selain itu direncanakan akan dilakukan pemasangan stasiun Pasut di Balai Penelitian Perikanan Perairan Umum (BP3U) di Mariana Palembang. BP3U ini adalah salah satu satker dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan. Untuk stasiun dapat diakses juga melalui SICP Online ini.

UNTUK AKSES DATA SILAHKAN KLIK SICP ONLINE (NEAR) REAL TIME