Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta, 07 April 2021. Bertempat di Ruang Rapat Empire 3, Hotel Holiday Inn, Bandung pada Selasa 6 April 2021 Pusat Riset Kelautan menyelenggarakan Sidang Kelompok Lingkup Pusat Riset Kelautan (Pusriskel) dengan agenda pembahasan materi Penajaman Rencana Rencana Aksi Tahun 2021 – 2024 dalam Mendukung Program Terobosan KKP. Kegiatan sidang kelompok ini merupakan rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) BRSDMKP Tahun 2021 yang digelar pada Selasa - Kamis  tanggal 6 – 8 April 2021 mendatang.

Sidang Kelompok dibuka dan dipimpin oleh Kepala Pusriskel  Dr. I Nyoman Radiarta, dan diikuti oleh Para Kepala UPT, Koordinator dan Sub Koordinator Lingkup Pusriskel. Dalam pembukanya, Kepala Pusriskel memberikan arahan bahwa semua kegiatan yang ada dan direncanakan pada 2021 – 2024 disegmentasi untuk mendukung 3 Program Prioritas Menteri Kelautan dan Perikanan, yaitu 1) Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Sumberdaya Alam Perikanan Tangkap Untuk Peningkatan Kesejahteraan Nelayan;2) Pengembangan Perikanan Budidaya Untuk Peningkatan Ekspor Yang Didukung Riset Kelautan Dan Perikanan, dan 3) Pembangunan Kampung-kampung Perikanan Budidaya Tawar, Payau Dan Laut Berbasis Kearifan Lokal.

Dalam pertemuan tersebut, juga dilakukan pembahasan terhadap draft bahan paparan “Penajaman Rencana Rencana Aksi Tahun 2021 – 2024 dalam Mendukung Program Terobosan KKP” dengan melakukan reviu dan penajaman terhadap substansi bahan melalui pemilihan dan penonjolan kegiatan terkait, penyederhanaan atau penggabungan beberapa kegiatan, serta pencerminan sinergi kegiatan hulu hilir antara Unit Kerja Pusat dengan UPT. Selain itu disiapkan pula bahan tentang pengembangan Jaringan Kerjasama Riset yang telah dicapai meliputi Saintifik, Katalisator dan Pengguna dengan ruang lingkup nasional dan internasional. Semakin banyak pengguna hasil kegiatan riset Pusriskel maka semakin teruji dan terbukti kalau hasil-hasil kegiatan riset Pusriskel bermanfaat bagi banyak kalangan pengguna.

Hasil dari pembahasan bahan pada pertemuan ini akan digunakan oleh Kepala Pusriskel pada Sesi Paparan (Panel) Rencana Aksi Riset Tahun 2021 – 2024 dalam Mendukung Program Terobosan KKP yang akan disampaikan pada hari kedua Rakernis BRSDMKP tanggal 07 April 2021.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Kepala BRSDMKP Prof. Sjarief Widjaja yang menyampaikan beberapa arahan, diantaranya adalah Pusriskel diharapkan berperan dalam memberikan sumbangsih pemikiran yang berbeda, sesuai dengan permintaan Dirjen Perikanan Tangkap, terkait “tuan-tuan/ pemilik” kapal yang tidak diketahui, teknologi kelautan dari Pusriskel diharapkan ikut berperan. Pusriskel diharapkan menjadi agen transformasi high technology, misalnya teknologi penangkap ikan. Sudah ada instruksi dari MenKP tentang instrumentasi dan otomatisasi kapal ikan yang akan berlayar.