Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;


Dalam rangkaian acara pembukaan Rakernis BRSDM KP di Hotel Holiday Inn, Bandung pada 6 April 2021, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pusat Riset Kelautan BRSDM dengan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB tentang Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan di Bidang Teknologi Kelautan.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Kepala Pusat Riset Kelautan, Dr. I Nyoman Radiarta dan Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, Dr. Irwan Meilano disaksikan oleh Kepala BRSDM KP, Prof. Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D. dan Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. rer.nat. Mutiara Rachmat Putri.

Ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama ini adalah:
a. Riset di bidang kelautan serta penerapan teknologi kelautan;
b. Pembimbingan dan/atau pengujian tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis, disertasi);
c. Penyelenggaraan bersama sosialisasi dan edukasi hasil riset, serta penerapan teknologi kelautan; dan
d. Pemanfaatan sarana dan prasarana.

Perjanjian Kerja Sama ini berlaku selama 2 tahun dan akan dilaksanakan berdasarkan Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang disusun dan disepakati oleh FITB ITB dengan Pusriskel dengan berpedoman serta mentaati ketentuan peraturan perundang-undangan.