Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;


POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin, Kepala Riset Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI I Nyoman Radiarta, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Evi Nardi dan Kepala Dinas Perikanan Yeni Srihartati, Minggu (28/3/2021) meresmikan Galeri Maritim Belitung Timur di Desa Baru, Manggar.

Kepala Riset Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI I Nyoman Radiarta, Minggu (28/3/2021) mengatakan, ia sangat mengapresiasi terwujudnya sarana edukasi barang-barang bawah laut di Belitung Timur ini.

Dia menilai galeri maritim ini cukup representatif, edukatif, dan penampilannya yang kekinian dipadukan pada teknologi QR code.

"Saya pikir tempat ini menarik sekali. Penataan dan displaynya sungguh kekinian. Bahkan saya lihat banyak sudutnya yang instagramable. Hal ini bisa bantu pemerintah dalam promosi saat wisatawan mengupload fotonya saat berada di sini," kata Radiarta.

Dia yang mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono ini mengatakan galeri ini sebagai wujud sinergisitas antara KKP dengan pemda setempat. Radiarta mengatakan riset dan kajian terkait lokasi benda muatan kapal tenggelam ini sudah sejak 2016 dilakukan.

"Saya harap tempat ini bisa dijadikan sebagai catatan bagi generasi muda bahwa Belitung Timur dulunya jadi titik penting konektivitas perdagangan dunia seperti dari Eropa dan Tiongkok. Generasi muda bisa belajar dari sini mengenai misteri bawah laut dan juga jalur rempah yang ada di daerah ini," kata Radiarta.

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Burhanudin, Minggu (28/3/2021) mengatakan, peresmian galeri maritim ini tidak hanya menitikberatkan pada upaya perlindungan koleksi, tapi juga jadi titik penting dalam menjaga nilai-nilai yang dikandung oleh benda-benda peninggalan sejarah.

Burhanudin bilang galeri ini sebagai bentuk konkret pemda dalam menjaga kelestarian sejarah khususnya bawa laut. Koleksi-koleksi yang dipajang pun sudah dianalisis oleh KKP dan Kemendikbud terkait dengan cerita sejarahnya.

"Jadi di dalam galeri ini tidak cuma keramik-keramik, tapi juga sarat informasi sejarah yang bisa meneguhkan identitas bangsa kita," tambah Aan sapaan akrab Burhanudin.

Dia ingin bahwa galeri ini dimanfaatkan secara maksimal tidak hanya ada gedung dan koleksi tapi juga pengunjung. Dia meminta pada sekolah-sekolah agar membawa anak didiknya ke tempat ini supaya bisa memperluas wawasan anak-anak terkait sejarah jalur rempah Belitung Timur.

"Saya juga sudah koordinasi dengan perusahaan-perusahaan agar memberikan CSR berupa perahu kater yang bisa dipajang di depan galeri ini sebagai spot berfoto. Jadi wisatawan yang lewat tertarik untuk mengunjungi tempat ini," katanya.

Galeri ini memuat koleksi lebih dari 1000 benda bersejarah yang berasal dari beberapa sumber, seperti hibah Kemendikbud, koleksi Dinas Perikanan Beltim, dan hibah dari Kejaksaan Negeri Belitung Timur.

Galeri ini sangat mudah dicapai oleh masyarakat karena lokasinya yang berada di tengah Pasar Manggar.

Video : Klik Disini

Sumber Berita : Tribunnews