Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Bogor, 09 Oktober 2020. Pejabat dan staf bagian Monitoring dan Evaluasi  (Monev) Pusat Riset Kelautan, yakni Kepala Subbagian Keuangan B. Realino, M.Si, Koordinator Monev Eddy Hartono,S. IP dan staf Monev Sari Novita, S.T, pada hari Rabu – Jumat tanggal 07 – 09 Oktober 2020 menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaporan Kinerja Tahun 2020 bertempat di Ruang Gading, Hotel Aston BNR, Bogor. Rakor yang diselenggarakan oleh Sekretariat Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) ini dilaksanakan dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 68/PERMEN-KP/2017 tentang Pedoman Pengelolaan Kinerja Organisasi di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Rakor dibuka oleh Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Prof. Sjarief Widjaja yang sekaligus memberikan arahan kepada seluruh peserta rakor, dilanjutkan dengan penyampaian Kebijakan dan Teknis Pelaporan Kinerja BRSDM oleh Sekretaris BRSDM Dr. Kusdiantoro dan penyampaian paparan Pelaporan Kinerja oleh Kepala Subbag Pelaporan  BRSDM Rahmadi Sunoko, M.Sc. Rakor ini juga dihadiri oleh perwakilan bagian monev seluruh Pusat dan UPT lingkup BRSDM secara luring dan daring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid 19.

Pada sesi berikutnya seluruh peserta melakukan penginputan data capaian pada Aplikasi Kinerjaku BRSDM untuk Level 3 Pusat, serta Level 3, 4 dan  5 UPT untuk kemudian dilakukan validsi data capaian pada sesi berikutnya oleh Tim Teknis Subbagian Pelaporan Sekretariat BRSDM.

Kegiatan hari kedua, sesi pertama diawali dengan penyampaian Paparan Standarisasi  Laporan Kinerja (LKJ) Lingkup Pusat  dan UPT oleh Tim Teknis Subbagian Pelaporan Sekretariat BRSDM, dilanjutkan pada sesi kedua dengan kegiatan  penyusunan draft LKJ Triwulan III tahun 2020 Lingkup Pusat dan UPT, dan diakhiri dengan validasi draft LKJ Triwulan III tahun 2020.

Kegiatan hari ketiga, adalah melanjutkan validasi draft LKJ Triwulan III tahun 2020 Lingkup Pusat dan UPT oleh Tim Teknis Subbagian Pelaporan Sekretariat BRSDM dan acara diakhiri dengan penutupan oleh Kepala Subbag Pelaporan Rahmadi Sunoko, M.Sc.