Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Dalam rangkaian kunjungan Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) bersama pejabat BPK dari Jakarta dan Bupati Morotai ke UPT Riset Teknologi Kelautan, beberapa kegiatan yang digalakan untuk menyambut kedatangan para tamu diantaranya keikutsertaan para taruna Politeknik KP Bitung yang secara langsung datang memakai Kapal Latih/Riset Madidihang 3 yang kebetulan sedang melaksanakan tahun bakti taruna taruni Kelautan dan Perikanan 2020 oleh Pusat Pendidikan BRSDM KP dan menginap di Gedung Dormitory selama 10 hari untuk menjalankan serangkaian kegiatan di MIAMARI.

Pembangunan MIAMARI yang telah dicanangkan empat tahun yang lalu telah menampakan bentuk fisik yang megah di atas lahan sekitar empat hektar yang diperuntukan bagi aktifitas riset kelautan, pendidikan dan pelatihan, wisata akuarium dan pusat informasi kelautan. Tiba di MIAMARI Bupati dan para undangan di dampingi Kepala BRSDM Sjarief Widjaja dan Kapus Riset Kelautan Riyanto Basuki langsung meninjau dan melihat pemandangan ke arah laut dari lantai paling atas Gedung Dormitory. Bapak Bupati menyampaikan kekagumannya dan sangat antusias dengan menyarankan penambahan sudut untuk bersantai karena letak Miamari yang berada di pinggir laut. Ini menjadi daya tarik tersendiri selain sebagai tempat melakukan riset yang serius.

Kepala Sub bidang Perekayasaan Teknologi Donal Daniel, M.T dan Peneliti Reiner Arief Troa, M.Si diberi kesempatan mengisi waktu memberikan kuliah umum kepada para Taruna Politeknik KP Bitung dengan tema Perbaikan dan Perawatan Mesin Dasar yang disampaikan Donal Daniel dan selanjutnya tema Tantangan dan Peluang Riset Eksplorasi Laut di Morotai disampaikan oleh Rainer Troa dihadapan 50 orang Taruna Politeknik KP Bitung.

Sementara itu pendukung lainnya yang bertugas di MIAMARI yaitu, Kepala Bidang Teknologi Kelautan Dr. Ifan Ridlo Suhelmi, Kepala Sub Bagian Keuangan Drs. B. Realino, M.Si, Kepala Sub Bagian Kewilayahan Eko Triarso, M.Si dan Peneliti La Ode Nurman Mbay, M.Si juga turut menyiapkan informasi yang dibutuhkan oleh para undangan terkait hal-hal teknis operasional kawasan MIAMARI ke depannya sebagai lembaga riset kelautan di kawasan timur.

Di kesempatan lain hadir juga BP3 Ambon untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat di Morotai berupa memberikan Pelatihan Diversifikasi Olahan Tuna dan Julung dan Pelatihan Penanganan Ikan Di Atas Kapal. Para ibu diajarkan membuat produk makanan dari olahan tuna dan julung yang banyak tersedia di Morotai, sedangkan para bapak diberikan cara penanganan ikan tuna yang baik dan benar mulai dari saat ditangkap, dimasukan dalam es hingga proses pemotongan dan pemisahaan dagingnya.

Pejabat lainnya Kabid MAK Triono, M.T, dan Kasubbid MA Hikmat Jayawiguna, M.Si menyibukan diri melakukan pemetaan udara lokasi MIAMARI menggunakan pesawat tanpa awak drone yang kemudian diolah menjadi data yang dapat dimanfaatkan.

Seluruh kegiatan ini menjadi cikal bakal beroperasinya MIAMARI setelah lebih dari empat tahun dibangun dan mulai menunjukan fisik bangunan meskipun masih banyak pekerjaan untuk menyelesaikan seluruh kawasan sehingga menjadi bermanfaat bagi pembangunan kelautan di kawasan timur khususnya di Pulau Morotai. Kita doakan semoga dalam dua tahun kedepan seluruh pekerjaannya dapat dipenuhi dan MIAMARI dapat berkiprah.