Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Kendari(28/01) –  Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Stasiun Maritim Kelas II Kendari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, pada tanggal 28 Januari 2020.

Penandatanganan perjanjian Kerja Sama ini disaksikan oleh Deputi Bidang Klimatologi, Kepala Biro Hukum BMKG, Kepala Biro Umum BMKG, Inspektur Jenderal, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar, Seluruh Kepala UPT se Sulawesi dan Maluku. Sedangkan dari pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan dihadiri oleh Pejabat dari Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, dan Satuan Pengawas PSDKP Kendari. Turut hadir pula Bupati dan Pejabat Lingkup Pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Utara, Konawe Selatan, dan Wakatobi yang juga menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan BMKG.

Perjanjian Kerja Sama antara LPTK BRSDM – KKP dengan Stasiun Maritim Kelas II Kendari Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika No. 1/BRSDM/KKP/PKS/I/2020 terkait pemanfaatan dan penyebarluasan informasi meteorologi maritim dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan pembangunan sektor kelautan di wilayah Kendari ini ditandatangani oleh Kepala Stasiun Kelas II Kendari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Ramlan sebagai pihak kedua.

Tujuan Perjanjian Kerja Sama ini dimaksud untuk menjalin kerja sama dan sinergitas di bidang meteorologi maritim melalui pemanfaatan informasi dalam rangka mendukung kesejahteraan masyarakat dan pembangunan sektor kelautan.

“Diharapkan dengan adanya perjanjian kerja sama ini, Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan yang memiliki tusi Perekayasaan Teknologi di bidang alat dan mesin dapat bersinergi dengan Stasiun Maritim Kelas II Kendari untuk memperkaya informasi terkait meteorologi maritim agar teknologi hasil inovasi LPTK dapat langsung diimplementasikan di lapangan khususnya untuk masyarakat nelayan, pesisir dan pulau-pulau kecil” tutur Kepala Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan, Akhmatul Ferlin.