Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;


Blitar (1001/08/19) - Setelah sosialisasi di Kabupaten Tulungagung pada tanggal 31 Juli 2019 sebagai lokasi ke 88, penyebaran informasi mengenai sistem informasi kenelayanan dilanjutkan di Kabupaten Blitar. Acara sosialisasi dilaksanakankan di Ruang Aula Pertemuan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar pada tanggal 1 Agustus 2019. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar drh. Adi Andaka dan dilanutkan dengan paparan dari tim Pusat Riset Kelautan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Blitar menekankan bahwa acara ini sangat berguna bagi nelayan untuk membantu mendapatkan informasi yang diperlukan seperti cuaca, daerah penangkapan. Diharapkan undangan yang hadir menjadi pionir dalam penyebaran informasi sistem kenelayanan ini.

Dalam sosialisasi disajikan materi (1) pengenalan aplikasi sistem kenalayanan, (2) Pengenalan Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) dan (3) Pengenalan penentuan posisi dengan menggunakan peta dan GPS. Peserta sosialisasi dihadiri oleh perwakilan kelompok nelayan, perwakilan penyuluh perikanan dan jajaran bidang perikanan tangkap Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar.

Sistem informasi kenelayanan ini merupakan aplikasi yang berisi informasi daerah penangkapan ikan (Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan atau PPDPI) yang dihasilkan oleh Balai Riset Observasi Laut di Prancak Bali, informasi cuaca seperti angin dan tinggi gelombang serta fitur lain seperti lapor tangkapan, harga ikan dan perhitungan kebutuhan BBM. Dengan fitur yang ada diharapkan dapat membantu nelayan dalam usaha penangkapan ikan yang ekeftif dan efisien. Efektif karena sudah memperoleh informasi lokasi yang akan dituju yang diperkirakan terdapat banyak ikan dan efisien karena dapat menghemat biaya operasional.

Sosialisasi diakhiri dengan praktek penggunaan aplikasi, diawali dengan mendownload aplikasi dari playstore, dilanjutkan dengan praktek sekaligus pengenalan fitur-fitur yang ada pada aplikasi dan bagaimana memanfaatkannya. Pada sesi pelatihan dipandu oleh tim dari Pusat Riset Kelautan.