Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta, 31 Januari 2019. Loka Riset Sumberdaya dan Kerentanan Pesisir (LRSDKP) adalah Unit Pelaksana Teknis di bidang penelitian sumberdaya fisik dan kerentanan pesisir yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Pusat riset Kelautan (Pusris Kelautan), Badan Riset dan SDMKP, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kantor LRSDKP ini berlokasi di area Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus, Provinsi Sumatera Barat, dengan pesisir pantainya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Dari kegiatan riset yang dilakukan pada tahun 2018 LRSDKP telah menghasilkan beberapa 5 (Lima) buku yang diterbitkan oleh AMAFRAD PRESS. Beberapa judul buku tersebut diantaranya adalah Buku “ Karakteristik dan Kerentanan Pantai Timur Pangandaran” yang disusun oleh Ruzana Dhiauddin, Wisnu Arya Gemilang, Koko Ondara, dan Gunardi Kusumah. Buku “Potensi Sumber Daya Kerentanan Pesisir Pulau Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai” yang disusun oleh Herdiana Mutmainah dan Aprizon Putra. Buku “ Bono Kuala Kampar, Primadona di Timur Sumatera Yang Terancam Hilang” yang disusun oleh Ulung Jantama Wisha, Guntur Adhi Rahmawan dan Ilham.dan  Buku “Dinamika Pesisir di Kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah” yang disusun oleh Koko Ondara, Ruzana Dhiauddin dan Wisnu Arya Gemilang.

Selain itu terdapat 1 (satu) buku yang merupakan hasil kegiatan riset bersama antara Pusat Riset Kelautan (Pusris Kelautan) dengan Loka Riset Sumber Daya Kerentanan Pesisir (LRSDKP), yaitu  Buku “Reklamasi di Perairan Teluk Benoa Bali” yang disusun oleh Try  Altanto (LRSDKP), Aprizon Putra (LRSDKP), Semeidi Husrin (Pusris Kelautan), dan Widodo S. Pranowo (Pusris Kelautan).