Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta, 12 November 2018. Acara dilaksanakan Di Ruang Auditorium Tuna, GMB IV Lantai 15 pada hari Jumat, 09 November  2018 dan dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Pusat Riset dan Satker-Satker BRSDMKP. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris BRSDM.  Hadir Kepala Badan Riset dan  SDM KP Prof. Sjarief Widjaja yang membuka secara resmi acara Ekspose Satker Calon PK-BLU dan Sosialisasi PermenPan RB No. 34 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Peneliti  dan  sekaligus memberikan arahan kepada seluruh peserta. Dalam arahannya Beliau  mengajak kepada seluruh peserta untuk meng-eksplore dan menampilkan sesuatu yang baru yang bisa dimanfaat oleh masyarakat. Acara berikutnya adalah paparan dari beberapa Satker yang potensial sebagai calon Badan Layanan Umum (BLU), yakni diantaranya : 1). Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal, 2). Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluha Perikanan (BRPBAPPP) Maros, 3). Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, 4). Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) WaiHeru Ambon, 5). Politeknik Sidoarjo, dan  6) Politeknik Sorong.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan oleh narasumber dari Pusbindiklat LIPI tentang peraturan LIPI No.14 tahun 2018, dan dilanjutkan dengan pemaparan PermenPan RB No. 34 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Peneliti yang dibawakan oleh Asdep Standarisasi  Jabatan dan Pengembangan Karier SDM Aparatur (Kemenpanrb), serta  pemaparan ketentuan pelaksanaan PermenPan RB No. 34 Tahun 2018 dengan narasumber dari BKN.

Tampak hadir pada saat acara tersebut, yakni Kepala Bagian Tata Usaha Lolita Theresia, M.Si, Kepala Subbagian Umum Dra. Yayah Shobariyah beserta staf kepegawaian dan beberapa penlti Pusat Riset Kelautan, diantaranya adalah Dr. Budi Gunadharma, Dr. Dini Purbani, Dr. Ira Dillenia, dan Herlina Ika Ratnawati, M.Si.