Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Gelaran Our Ocean Conference (OOC) 2018 di Bali telah usai. Pertemuan yang membahas soal keberlangsungan laut ini menghasilkan serangkaian komitmen dari berbagai negara yang hadir. Analis Komitmen OOC Anastasia mengatakan, ada 287 komitmen baru yang dihasilkan dari pertemuan tersebut.“Secara keseluruhan ada 287 komitmen baru. Untuk Marine Protected Area 62, climate change 40, maritim security 41, maritim pollution 61, Sustainable Fisheries 39, suistainable blue economy 44,” ungkap Ana di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (30/10).
Menurut Ana, secara umum jumlah komitmen per poin tersebut tidak ada yang mendominasi. Artinya, semua jumlah komitmen di tiap poinnya hampir merata. Menurut Ana hal tersebut menunjukkan perkembangan yang positif. Dari 287 komitmen baru tersebut, Ana mengatakan nilai komitmen mencapai USD 10,7 miliar.
Masa berlaku setiap komitmen tersebut beragam. Namun, rata-rata komitmen berlaku untuk 3-4 tahun. Ada pula yang berkomitmen untuk jangka waktu 10 tahun, meskipun jumlahnya tidak banyak.Ana juga melaporkan, dalam OOC ini Indonesia membuat 23 komitmen baru. Jumlah ini naik pesat dibandingkan komitmen yang dibuat Indonesia tahun lalu. “Tahun ini ada 23 komitmen. Ini jumlahnya naik. Tahun lalu Indonesia hanya membuat 10 komitmen,” ujarnya. Sedangkan untuk nilainya mencapai sekitar USD 500 juta. “Angka pastinya saya tidak terlalu ingat tapi sekitar segitu,” tandasnya.
Sumber : Kumparan.com