Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;


Jakarta, 26 April 2018. Bertempat di Ruang VIP Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta diselenggarakan Program Perkuliahan: BLOK TUNTAS 03 dengan tema “Pemanfaatan Penginderaan Jauh Bagi Kegiatan Pengelolaan Perikanan” berupa pemberian materi pelatihan pengolahan data kelautan menggunakan perangkat lunak Ocean Data View (ODV).

Hadir sebagai narasumber Dr.-Ing Widodo Setiyo Pranowo, Peneliti Madya dari Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan yang didampingi oleh August Daulat, M.Sc. Materi perkuliahan disesuaikan dengan kebutuhan dari program studi Tehnik Pengelolaan Sumberdaya Perairan, khususnya dibidang oseanografi dan lingkungan. Peserta program perkuliahan berasal dari berbagai disiplin ilmu yang didominasi oleh Dosen pengampu berbagai bidang studi dan dihadiri oleh taruna-taruni dan mahasiswa pasca sarjana Sekolah Tinggi Perikanan, serta staff pengajar disekitar lingkup Sekolah Tinggi Perikanan.

Perkuliahan berisikan 20% teori dan 80% praktek yang diawali dengan presentasi singkat mengenai perangkat lunak Ocean Data View (ODV) yang akan dipergunakan serta pengenalan mendalam terkait pemanfaatan, fungsi serta aplikasinya dalam berbagai bidang ilmu kelautan dan perikanan. Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan serta “hands on activity” yang dikombinasikan dengan data-data yang sudah dipersiapkan, baik data insitu, kompilasi data global maupun data satelit. Selain berguna untuk memvisualisasikan situasi dan kondisi dilapangan, khususnya dalam memetakan parameter fisika dan kimia perairan, perangkat lunak Ocean Data View (ODV) juga dapat dimanfaatkan untuk menganalisis pola sebaran sumber daya perikanan berdasarkan karakteristik dan tingkah laku ikan yang sangat berguna bagi program studi Teknik Penangkapan Ikan.

Peserta training khususnya dosen sangat tertarik dan mengapresiasi program pelatihan ini serta berharap agar kegiatan semacam ini bisa terus dilanjutkan dengan penyesuaian ke bidang-bidang yang lebih spesifik dilengkapi metode analisisnya.