Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;


Jakarta, 30 April 2018. Dalam rangka penyusunan kajian science basis melalui pemanfaatan modalitas model iklim untuk kaji ulang Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API), pada hari Kamis-Jumat, 19-20 April 2018 telah berlangsung acara workshop peningkatan kapasitas terkait pengolahan data dan model proyeksi iklim dari konsorsium CORDEX-SEA dan TNC yang di selenggarakan oleh Direktorat Lingkungan Hidup-Bappenas.

Workshop ini dihadiri oleh para peneliti, akademisi dan pejabat yang membidangi masalah perubahan iklim yang berasal dari insitusi Bappenas, Kementerian Kesehatan, KKP, Kementan, Kemen PUPR, BMKG, BNPB, dan IPB. Acara dibuka langsung oleh Direktur Lingkungan Hidup Bappenas  Ir. Medrilzam Ph.D dan dilanjutkan secara panel dengan pemaparan para narasumber dan simulasi praktikum pengolahan data iklim.

Dalam kesempatan ini narasumber pertama Dr. Ibnu Sofian dari Badan Informasi Geospasial (BIG) menekankan tentang pentingnya peran data dan informasi geospasial dalam mitigasi dan adaptasi perubhan iklim. Dalam hal ini peserta difahamkan tentang konsep proyeksi iklim dan standarisasi data yang bersumber dari satu data (one data) yang dikeluarkan oleh BIG dimana peran BIG dalam hal adaptasi dan mitigasi perubahan iklim adalah sebagai penyedia sistem referensi tunggal baik horizontal dan vertikal, penyediaan data dasar Informasi Geospasial (IG) dan sebagai geoportal data sharing Ina-SDI.

Adapun narasumber kedua Dr. Ahmad Fakih yang ahli dalam permodelan proyeksi iklim dalam hal ini memaparkan tentang  pengenalan awal aplikasi tools SiBIAS, bagaimana melakukan running simulasi model dengan menggunakan tools SiBias,  serta pekerjaan downscaling data iklim dan penyajiannya. Model yang digunakan dalam aplikasi SiBias menggunakan model GCM CMIP5 dengan keluaran 24 model dan memberikan 2 jenis output yaitu data downscaling dalam format ASCII dengan grafik dari hasil rata-rata suhu atau curah hujan bulanan.

Hadir mewakili Pusat Riset Kelautan dalam workshop ini Kasubbid Riset MItigasi dan adaptasi, Hikmat Jayawiguna, M.Si., beserta peneliti dibidangnya, Herlina Ika Ratnawati M.Si dan Aida Heriati MT. Adapun rencana tindaklanjut dari workshop ini, para peserta akan dilibatkan secara aktif dalam proses kaji ulang RAN-API terutama yang terkait dengan kajian basis ilmiah.