Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Wakatobi, 22/4/2018. 5 (Lima) divers LPTK ikut dalam kegiatan SAPU LAUT BERSAMA DIVERS. Digelar sekitar Pantai Marina di Pulau Wang-Wangi, yang masih merupakan rangkaian dari Kegiatan memperingati Hari Bumi di Wakatobi.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Taruna (i) dari Akademi Komunitas KP, JAICA, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi, bersama para Dive Operator yang ada di Wakatobi.

Disela-sela kegiatan senam sehat bersama, dilaksanakan pelepasan peserta kegiatan oleh Sekda Wakatobi, Bapak  Muh. Ilyas Abibu, S.E, MDM dengan membagikan kantong tempat sampah kepada para divers.

Masih di Pantai Marina, oleh Sekda Wakatobi dilakukan PENGUKUKUHAN DUTA DIET SAMPAH PLASTIK yang melibatkan para ibu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Komunikasi Pimpnan Daerah (FORKOPIMDA). Pada Kegiatan tersebut dilakukan pembagian Keranjang Pasar, yang bertujuan agar menekan penggunaan kantong plastik.

Selain kegiatan tersebut, juga diberikan PENGHARGAAN UNTUK PETANI PENGGUNA PUPUK ORGANIK BEBAS SAMPAH PLASTIK, pada petani sayur dan buah  di desa Komala, yang merupakan juara lomba Program Lingkungan Bersih dan Sehat mewakili Sulawesi Tenggara dari KEMENKES RI.

Penghargaan untuk petani dilanjutkan dengan KAMPANYE MAKAN SAYUR DAN BUAH, dimana sayur dan buahnya berasal dari desa Komala, yang juga masih merupakan satu rangkaian dari Peringatan Hari Bumi kali ini.

DUTA DIET SAMPAH PLASTIK yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Wakatobi, Ibu Dr. Ria Ilyas mengajak ibu-ibu OPD dan FORKOPIMDA untuk ikut dalam kampanye tersebut, dengan membeli sayur dan buah dari para petani tersebut.

Rangkaian dari peringatan Hari Bumi di Wakatobi. berlangsung dari tanggal 14 sampai 22 April 2018, yang merupakan hasil kerjasama Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan (LPTK) dan Akademi Komunitas KP bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kab. Wakatobi, Balai Taman Nasional Wakatobi (BTNW) dan sejumlah NGO (WWF, ISKINDO, dan KAMELIA) melibatkan Pelajar tingkat Menengah dan Atas, hingga seluruh lapisan masyarakat Wakatobi.

Berita Terkait :