Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta, 23 April 2018. Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Jumat - Sabtu 20 -21 April 2018, kembali menggelar pertemuan persiapan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Mitra Kerja Peneliti Asing yang akan dilaksanakan pada 5 Juli 2018.
Pada rapat persiapan yang digelar di Hotel Mirah Bogor tersebut, secara khusus dibahas lebih mendalam isu-isu strategis dari komisi-komisi rakornas. Acara yang dipimpin langsung oleh Dr. Sadjuga, M.Sc selaku Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual ini dihadiri oleh para reviewer Tim Koordinasi Pemberian Izin Peneliti Asing (TKPIPA) dan perwakilan dari kementerian/lembaga/perguruan tinggi yang sering bermitra dengan peneliti asing.
Peneliti Pusat Riset Kelautan, Dr. Widodo Pranowo, sebagai wakil ketua Komisi Manajemen Data pada Rakornas nanti, memaparkan hasil diskusi pada kelompoknya yang anggotanya terdiri dari peneliti Pusat Penelitian Arkenas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, anggota TKPIPA, dan perwakilan dari Badan Intelijen Nasional (BIN).
Pada pertemuan tersebut, dibahas pula secara pleno, usulan pembentukan Forum (Komunikasi) Mitra Kerja Penelitian. Dibahas terkait pentingnya, misi dan visi, tujuan serta ide logo.
Pertemuan lanjutan akan dilaksanakan waktu mendatang untuk mempertajam (refining) bahan-bahan Rakornas untuk 5 Juli 2018 nanti.

Berita Terkait :