Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta 10 Januari 2017. Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidros TNI AL) tengah membangun Marine Spatial Data Infrastructure (MSDI) yang dikhususkan untuk data-data Hidrografi. Dalam rangka melengkapinya dengan data-data lainnya agar lebih berdaya guna secare lingkup nasional, Pushidros TNI AL menggelar rapat koordinasi lintas instansi.

Rapat yang diselenggarakan pada Senin 8 Januari 2017 dihadiri banyak instansi. Beberapa pejabat perwakilan KKP yanh diundang pun hadir. Ibu Nilfa mewakili Ditjen Pengelolaan Ruang Laut, Bapak Yudi Kaelan mewakili Pusat Data dan Statistik Setjen KKP, dan Dr. Anastasia Tisiana mewakili Kepala Pusris Kelautan.

Selain itu turut hadir Dr. Widodo Pranowo yang diundang mewakili KKP yang duduk di Sekretariat Dewan Hidrografi Indonesia (DHI).

Kepala Pushidros TNI AL, Laksda TNI Dr. Harjo Susmoro secara khusus menyampaikan di rapat tentang keinginannya bekerjasama dengan KKP untuk mengintegrasikan Peta Prediksi Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI/ Fishing Ground) dengan MSDI.

Diusulkan pula, oleh Laksda Harjo Susmoro, pemberian gadget kepada para nelayan yang dilengkapi dengan sistem peringatan dini batas wilayah laut teritorial/ZEE Indonesia, untuk meminimalisir tertangkapnya nelayan oleh angkatan laut negara tetangga akibat ketidaksadaran nelayan melewati batas laut negara tetangga saat menangkap ikan.

Berita Terkait :