Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta, 18 Desember 2017. Jurnal Kelautan Nasional (JKN) adalah suatu jurnal ilmiah terakreditasi LIPI yang semula bernama Jurnal Riptek Kelautan. JKN yang sejak 2016 diasuh oleh Pusat Riset Kelautan ini pada tahun 2017 mengalami pemutakhiran dengan peningkatan aktivitasnya melalui Online Journal System. JKN yang terbit 3 (tiga) kali setahunnya, April, Agustus, dan Desember, saat ini mulai diminati oleh para peneliti, dosen, dan mahasiswa yang berkecimpung di dunia ilmu dan teknologi kelautan.

Pada 11 Desember 2017, redaksi pelaksana, dewan editor,  sekretariat dan desainer grafis melakukan rapat finalisasi untuk naskah naskah terbitan Desember 2017.

Bahkan, telah disimulasikan pula proyeksi untuk terbitan April dan Agustus 2018 mendatang. Diharapkan, pada Agustus 2018 mendatang JKN dapat sukses lolos perpanjangan akreditasinya.

Kontribusi dari pimpinan Pusat Riset Kelautan dalam memperjuangkan anggaran untuk pengurusan akreditasi tersebut dan operasionalisasi JKN adalah sangat diharapkan. Sebenarnya sudah menjadi suatu kewajiban sebuah Pusat Riset untuk menjaga keberlanjutan Jurnal-Jurnal ilmiah yang diasuhnya. Apabila hal tersebut tidak dilakukan maka institusi tersebut tidaklah layak menyandang nama Pusat Riset.

Berita terkait :