Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta, 24 Agustus 2017. Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) tahun 2017 ini berencana untuk menerbitkan beberapa buku hasil penelitian beberapa tahun sebelumnya. AMAFRAD Press adalah lembaga penerbitan buku milik BRSDM KP yang telah menjadi anggota IKAPI sejak 2015. Dalam rangka menuju sebagai Penerbit buku ilmiah yang terakreditasi oleh LIPI, maka di tahun 2017, AMAFRAD PRESS secara bertahap melakukan pembenahan kelengkapan.

Pada hari  Rabu 23 Agustus 2017,  para calon Dewan Editor AMAFRAD PRESS diundang untuk membahas Standar Operasional Prosedur dan aturan penyuntingan untuk penerbitan buku. Rapat dipimpin oleh Sdr. Ari Prabowo, M.Si selaku Kepala Bagian Kerjasama dan Humas BRSDM, di Ruang Rapat Sekretaris BRSDM, GMB 3 Lantai 6.  Adapun yang hadir yakni Prof. Dr. Ir. Ketut Sugama, M.Sc., A.Pu; Prof. Dr. Ir. Sonny Koeshendrajana, M.Sc.; Prof. Dr. Ir. Ngurah N. Wiadnyana, DEA dan Dr.-Ing Widodo S. Pranowo, serta Kasubag Humas Set-BRSDM Sdri  Siti Amania, dan pelaksana Subbag Humas BRSDM.

Hingga saat ini terdapat 24 (dua puluh empat) usulan manuskrip buku secara keseluruhan dari satker-satker di BRSDM. Adapun dari Pusat Riset Kelautan telah mengirimkan usulan sebanyak 11 manuskrip sejak beberapa bulan yang lalu.