Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta, 18 Agustus 2017. Peta navigasi laut, atau yang lebih dikenal sebagai Peta Laut adalah suatu peta yang berisi angka-angka kedalaman laut berikut berbagai fitur bangunan laut, mercusuar, bangkai kapal, area militer, area konservasi dan lain sebagainya. Peta laut ini diterbitkan secara rutin oleh Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal). Selain itu ada Peta Lingkungan Perairan yang juga memuat fitur lebih banyak lagi, termasuk ekosistem lautnya, yang diterbitkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

Presiden RI, pada tahun 2013, telah meresmikan program Kebijakan Satu Peta, disusul kemudian pada 2015 meresmikan program Kebijakan Satu Data. Hal ini kemudian menjadi salah satu tonggak sejarah pentingnya dibentuk suatu Skema Nasional Dewan Hidrografi Indonesia.

Dewan Hidrografi Indonesia (DHI) ini merupakan wujud penyelenggaraan hidrografi nasional yang menjadi acuan seluruh pelaku dan penggiat hidrografi nasional. Pelaku tersebut tidak hanya dilakukan oleh Pushidrosal dan BIG saja, melainkan seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Perusahaan Surveyor dan Konsultan untuk sumur pengeboran minyak dan gas bumi di laut, maupun pekerjaan survei terkait penyusunan rencana tata ruang dan zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Kegiatan tersebut hendaknya dilakukan oleh para surveyor yang terakreditasi nasional dan produknya juga memenuhi standar dari International Hydrography Organization (IHO).

Pusat Riset Kelautan (Pusriskel), diundang oleh Pushidrosal untuk mewakili KKP agar kedepan bisa terlibat aktif di kepengurusan DHI. DHI telah mendapatkan akta pendirian dari Kemenhumham pada 01 Juli 2017. Diproyeksikan Pusriskel akan dapat berperan aktif pada Komisi Litbang dan Kajian Isu Strategis.

Rapat koordinasi Tim Formatur DHI telah digelar dua kali, yakni pada 10 dan 16 Agustus 2017. Ditargetkan kepengurusan DHI akan diresmikan pada 31 Agustus 2017 pada rangkaian perayaan Hari Hidrografi Dunia.