Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta, 15 Agustus 2017. Pasca diadakannya pertemuan University Partnership CTI-CFF yang pertama, pada hari Minggu – Selasa, 6 - 7 Agustus 2017 CTI-CFF menggelar Workshop University Partnership di Manado. University Partnership  merupakan mandat CTI-CFF Regional Secretariat yang bertujuan mendorong peran perguruan tinggi di kawasan CT mendukung goals CTI-CFF melalui ruang lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi. Workshop dipimpin oleh Executive Director CTI-CFF RS dan dihadiri oleh perwakilan National Coordinating Committe (NCC) CT 6, university partnership member, serta undangan observer lainnya. Beberapa hal yang dibahas pada saat workshop adalah menyusun rencana kerja, kebutuhan biaya, serta indikasi sumber pembiayaan program kegiatan education/capacity building, research dan outreach di tahun 2017 s.d. 2019.
Tim BRSDM KP yang terdiri dari Dr. Kadarusman mewakili substansi pendidikan dan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta, Dr. Novi Susetyo Adi mewakili substansi riset dan Pusat Riset Kelautan, serta Kabag Kerja Sama mewakili NCC dan BRSDM, memberikan kontribusi aktif diantaranya : STP Jakarta bersama Universitas Hasanuddin adalah co-managing program untuk mempersiapkan content development of Special Assistance Program (SAP), launching the SAP, dan memfasilitasi SAP dengan tenggat waktu dari quarter III 2017 s.d. quarter II tahun 2018: Sekretariat BRSDM (Bagian Kerja Sama, Humas dan Data) dapat mengakomodir pembiayaan untuk inisiasi tersebut.
Pusat Riset Kelautan bersama Universitas Udayana, Universitas Padjajaran Bandung dan Institut Teknologi Surabaya akan memfasilitasi persiapan pelaksanaan scientific meeting yang berkaitan dengan 5 tema dalam Regional Plan of Action (RPOA) CTI-CFF. Persiapan lanjutan kegiatan scientific meeting tersebut akan dilakukan pada quarter ke-4 tahun 2017 dan pelaksanaan kegiatan adalah bulan Juni 2018 bersamaan dengan perayaan CTI Day.
Selain itu, Pusat Riset Kelautan bersama Universitas Hasanuddin, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan the University of Quensland (Australia) akan bertindak sebagai tim task force penyiapan proposal riset untuk program university partnership CTI-CFF dan sebagai salah satu implementasi adalah pembentukan regional center of excellence of CTI-CFF.