Indonesian Ocean Forecasting System (Ina OFS) - Experimental

Prediksi Harian Suhu Muka Laut (Sea Surface Temperature) dan Arus Permukaan (Ocean Current Circulation) diperoleh dari luaran prediksi model global HYCOM + NCODA dengan resolusi grid 1/120 x 1/120 (~ 9.25 km x 9.25 km). Gambar hasil prediksi diolah dengan menggunakan software Ferret, yang merupakan perangkat analisa untuk data grid dan non-grid yang dibangun oleh NOAA-PMEL. Untuk melihat/mendownload data Archive klik

Team Ina OFS : A. Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Ph. D; Dr.-Ing.Widodo Setiyo Pranowo; Dani Saepuloh, S.Kom; Wida Hanayasashi Samyono, S.Kel; Muallimah Annisaa, S.Kel; Novita Ayu Ryandhini, S.Kel;

Jakarta, 02 Maret 2017.  Berdasarkan amanah UU 27/2007 Jo UU 1/2014, setiap Provinsi diwajibkan menyusun Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). Salah satu Provinsi yang sedang menyusunnya adalah Provinsi Jawa Barat yang mempunyai wilayah kerja di Pantai Utara  Jawa (Pantura) dan Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat telah menyusun RZWP3K sejak 2016. Ditargetkan pada pertengahan 2017, RZWP3K tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari Direktorat Perencanaan Ruang Laut KKP, sehingga dapat segera diajukan ke DPRD untuk disusun menjadi Peraturan Daerah.

Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KKP diminta oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat untuk dapat menelaah peta-peta RZWP3K tersebut.

Dr. Widodo Pranowo, peneliti Pusat Riset Kelautan bersama Dr. Iwang Gumilar dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran secara bersama-sama melakukan telaah dan berdiskusi di Unpad Training Center, pada 28 Maret 2017.

Sejumlah peta arus, gelombang, suhu, salinitas, dan khlorofil ditelaah secara bersama. Kelengkapan atribut peta dan tumpang susun dengan berbagai zonasi pemanfaatan umum juga dibahas. Hadir pula Dr. Dicky Saromi dari Bappeda Provinsi Jawa Barat dan Ibu Diyah dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat berdiskusi dan menyarankan agar dilakukan sinkronisasi antara RZWP3K dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Berita Terkait: