Basis Data Perairan Pulau Terluar (BDP2T) adalah suatu sistem yang dikembangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai salah satu program prioritas Menteri Kelautan dan Perikanan yang merupakan perwujudan dari salah 1 (satu)  dari 9 (sembilan) agenda prioritas pembangunan nasional kabinet kerja 2014 - 2015 (NAWACITA). Prioritas pembangunan nsional tersebut adalah agenda ke-3 yakni pemerintah akan membangun Indonesia dari pulau-pulau terluar dengan memperkuat daerah-daerah dan desa di pulau-pulau terluar dalam kerangka negara kesatuan. Dalam hal ini KKP memfokuskan kepada penguatan daerah-daerah dan desa di pulau terluar sebagai sentra masyarakat perikanan (Nelayan). Prioritas pembangunan pulau terluar tersebut diamanatkan oleh Menteri KP kepada Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut. Namun pekerjaan besar BDP2T ini melibatkan BADAN LITBANG KELAUTAN DAN PERIKANAN sebagai pendukung data dan informasi. Di lingkup Badan Litbang KKP, kegiatan ini melibatkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Laut dan Pesisir (P3SDLP), Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, dan Pusat Litbang Perikanan.

Adapun di lingkup P3SDLP sendiri, yang terlibat di dalam pelaksanaan survei, penelitian, dan penyusunannya adalah dari Balai Penelitian dan Observasi Laut (BPOL), dari Loka Penelitian Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir (LPSDKP), Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan (LPTK) Wakatobi, dan Laboratorium Data Laut dan Pesisir.

Parameter dari Basis Data Pulau Terluar ini antara lain : Suhu Muka Laut; Salinitas; Arus Laut; Oksigen Terlarut; Diatom; pH; Fosfat; Nitrat; Silikat; Batimetri yang ditampilkan sebagai variabilitas musiman dan tahunan. Selain itu disediakan pula parameter prediksi pasang surut di pelabuhan perikanan (Secara time series harian dengan resolusi temporal per 1 jam)

Penyusunan Basis Data Pulau Terluar ini didukung dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak terkait. Pihak-pihak yang mendukung dalam pelaksanaan penyusunan Basis Data ini diantaranya adalah Universitas Papua (UNIPA), Coremap LIPI, LIPI Biak, DKP Biak Numfor, Universitas Diponegoro (UNDIP)

Adapun informasi yang disediakan oleh P3SDLP untuk BDP2T ini adalah :
1. Pulau Biak
2. Pulau Tanimbar
3. Pulau Rote
4. Pulau Sebatik - Nunukan
5. Pulau Natuna